Iklan

Iklan

Ketua Harian DPP Prabhu Indonesia Jaya Gelar Audiensi Antara Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Cianjur dengan PLN,

Jurnal News Site
Sunday, October 6, 2024, October 06, 2024 WIB Last Updated 2024-10-07T06:46:48Z


Cianjur,-Jurnal News Site
Ketua Harian DPP Prabhu Indonesia Jaya, Hendra Malik menegaskan, tak hanya berencana menggelar audiensi lanjutan yang mempertemukan langsung antara Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Cianjur dengan PLN, pihaknya pun akan melakukan aksi besar-besaran jika permasalahannya tak kunjung terang benderang.

Selain karena kenaikan pajak penerangan jalan (PPJ) tanpa adanya sosialisasi terhadap warga masyarakat Cianjur, ternyata temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2023 terkait pajak daerah tersebut menjadi alasan LSM Prabhu Indonesia Jaya, berkomitmen untuk mengawasinya hingga tuntas. 

"Sebelumnya kan kita sudah melakukan audiensi terpisah. Pertama ke Bapenda lalu lanjut ke PLN. Tapi ternyata ada keterangan yang saling menyalahkan. Makanya akan kita langsung pertemukan semua pihak. Jika masih belum jelas, jika perlu kita gelar aksi karena ini berkaitan dengan kepentingan orang banyak," 

Dugaan kejanggalannya sudah sangat jelas. Selain temuan BPK tahun 2023 terkait PPJ terindikasi terjadi kembali pada 2024, sambung dia, ditambah adanya kebijakan kenaikan tarif PPJ yang semula 6% menjadi 10% dari setiap transaksi pembelian atau pembayaran daya listrik, tanpa dilakukan sosialisasi kepada masyarakat terlebih dahulu.

"Di temuan BPK-nya sangat jelas. Dengan tegas BPK menyebutkan sejumlah ketentuan atau peraturan sudah dilanggar Bapenda Cianjur. Nah, dugaan kuatnya, di tahun 2024 terjadi lagi hal serupa," 

Peraturan yang dilanggar di antaranya Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 2010 tentang Tata Cara Pemberian dan Pemanfaatan Insentif Pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah; Peraturan Bupati Cianjur Nomor 106 Tahun 2021 tentang Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Unit Organisasi di Lingkungan Bapenda Cianjur; serta peraturan lainnya.

"Itu soal temuan BPK yang terindikasi terjadi lagi tahun ini. Nah, soal naik tarif PPJ di awal tahun ini, itu sudah jelas Bapenda sewenang-wenang menaikkan PPJ tanpa ada sosialisasi. Dugaan kejanggalannya semakin kuat karena naiknya dilakukan secara diam-diam. Ini wajib diusut tuntas,"
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua Harian DPP Prabhu Indonesia Jaya Gelar Audiensi Antara Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Cianjur dengan PLN,

Terkini

Iklan